Tuesday 25 June 2013

Antoni Gaudí, Arsitek Spanyol di logo Google

http://searchengineland.com/figz/wp-content/seloads/2013/06/antoni_gauds_161st_birthday-1539005.2-hp.jpg

Antoni Gaudí, seniman yang ada di logo Google hari ini tanggal 25 Juni 2013 adalah seorang arsitek kelahiran Spanyol, tepatnya di Reus, Catalunya. Beliau dikenal sebagai pelopor arsitektur modern. Karya-karya Antoni Gaudi mencerminkan gaya individualisme yang unik, terutama salah satu gedung yang ada di ibukota Catalan di Barcelona, lokasi yang dikenal sebagai Sagrada Família.

File:Antoni Gaudi 1878.jpg
Sebagian besar karya Antoni Gaudi ditandai dengan semangat hidupnya yang besar: arsitektur, alam & agama. Antoni Gaudi mempelajari setiap detail dari ciptaannya, dengan mengintegrasikan ke dalamnya berbagai teknik seni yang dikuasai yaitu keramik, kaca berwarna, besi tempa & pertukangan.

Sagrada familia
http://static.dezeen.com/uploads/2013/06/dezeen_Sagrada-Familia-Guadi-from-Miguel-Shutterstock.jpg
Dia memperkenalkan teknik baru dalam memperlakukan material, seperti trencadis, terbuat dari potongan-potongan limbah keramik. Setelah beberapa tahun di bawah pengaruh seni Neo-Gothic dan teknik Oriental, Antoni Gaudi menjadi bagian dari pergerakan Modernista Catalan yang mencapai puncaknya pada akhir abad ke-19 dan awal abad 20. Karyanya melampaui Modernisme mainstream yang berpuncak pada gaya naturalisme terinspirasi oleh alam.

Antoni Gaudi jarang melukiskan rencana detail atas karyanya, ia lebih memilih membuat model berskala 3 dimensi  dan membentuk detail saat mengerjakannya.

Karya Antoni Gaudi menikmati sambutan internasional yang luas dan banyak studi dilakukan demi memahami arsitekturnya. Saat ini, karyanya banyak dikagumi di kalangan arsitek maupun masyarakat umum. Karyanya yang paling besar, Sagrada Família, yang belum sepenuhnya selesai, adalah monumen paling banyak dikunjungi di Spanyol. Antara tahun 1984 dan 2005, tujuh dari karyanya dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.